SIM (Sistem Informasi Manajemen)
SIM
(SISTEM INFORMASI MANAJEMEN)
i.
Pengantar
Sistem Informasi Manajemen
merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan
menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi
tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.
Tujuan Umum
·
Menyediakan informasi
yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan
lain yang diinginkan manajemen.
·
Menyediakan informasi
yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan
perbaikan berkelanjutan.
·
Menyediakan informasi
untuk pengambilan keputusan.
Ketiga tujuan tersebut menunjukkan
bahwa manajer dan pengguna
lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan
mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat
membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan
mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dam dipergunakan dalam
semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan
keputusan).
Proses Manajemen
Proses manajemen didefinisikan sebagai
aktivitas-aktivitas:
·
Perencanaan,
formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas
manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan
penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai
tujuan tersebut.
·
Pengendalian, perencanaan
hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana
tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor
pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana
mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor
pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut
kebutuhan.
·
Pengambilan
Keputusan, proses pemilihan diantara berbagai alternative disebut dengan proses
pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara
perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa tujuan
dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa
rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan
fungsi pengendalian.
·
Bagian
SIM merupakan kumpulan dari sistem informasi:
·
Sistem informasi akuntansi (accounting information
systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
·
Sistem informasi
pemasaran (marketing information systems), menyediakan informasi
untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran,
kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan
pemasaran.
·
Sistem informasi
manajemen persediaan (inventory management information systems).
·
Sistem informasi
personalia (personal information systems).
·
Sistem informasi
distribusi (distribution information systems).
·
Sistem informasi
pembelian (purchasing information systems).
·
Sistem informasi
kekayaan (treasury information systems).
·
Sistem informasi
analisis kredit (credit analysis information systems).
·
Sistem informasi
penelitian dan pengembangan (research and development information
systems).
·
Sistem informasi
analisis software
·
Sistem informasi
teknik (engineering information systems).
2. Pengantar dan Konsep Dasar SIM
Apa yang dimaksud dengan informasi?
·
Informasi merupakan
fakta, kejadian, statistik atau bentuk data lainnya yang dapat dipahami dan
mempunyai arti, bernilai atau bermanfaat bagi seseorang untuk
keperluan/pekerjaan tertentu.
·
Data pada umumnya
harus diolah terlebih dahulu sehingga menjadi informasi yang dapat dipahami dan
bermanfaat atau lebih bermanfaat.
Data, Information & Knowledge
·
Data merupakan
deskripsi dasar akan suatu, kejadian, aktivitas, dan transaksi yang dicatat,
diklasifikasikan, dan disimpan tanpa suatu pengorganisasian sebelumnya.
·
Knowledge
(pengetahuan) terdiri dari data dan/ atau informasi yang telah diorganisasikan
dan diproses sehingga memberi pemahaman, pengalaman, pembelajaran, dan keahlian
tertentu yang dapat diaplikasikan pada masalah bisnis yang dihadapi.
Informasi dalam Proses Bisnis Industri Manufaktur
Apa yang dimaksud dengan Teknologi Informasi?
·
Teknologi Informasi
berbagai teknologi (utamanya
computer-based tool) yang digunakan manusia untuk bekerja dengan informasi dan
mendukung pemenuhan kebutuhan informasi dan pemrosesan informasi suatu
organisasi
·
Istilah umum yang
menunjukkan berbagai teknologi yang membantu pengumpulan, penyimpanan,
manipulasi/analisis, produksi, komunikasi, dan penyebaran informasi.
Mencapai kesuksesan bisnis melalui Teknologi Informasi
·
People menggunakan
information technology untuk bekerja dengan information
·
Teknologi informasi
merupakan faktor penting dalam kesuksesan dan inovasi bisnis
3. Sistem Informasi dan dukungannya pada bisnis
Sistem Informasi (SI) dan Dukungan SI dalam Bisnis
Ø
Informasi
merupakan fakta, kejadian, statistik atau bentuk data lainnya yang dapat
dipahami dan mempunyai arti, bernilai atau bermanfaat bagi seseorang untuk
keperluan/pekerjaan tertentu.
Ø
Data pada umumnya
harus diolah terlebih dahulu sehingga menjadi informasi yang dapat dipahami dan
bermanfaat atau lebih bermanfaat.
Ø
Teknologi Informasi
(Information technology/IT)
Ø
berbagai teknologi
(utamanya computer-based tool) yang digunakan manusia untuk bekerja dengan
informasi dan mendukung pemenuhan kebutuhan informasi dan pemrosesan informasi
suatu organisasi
Ø
Istilah umum yang menunjukkan berbagai
teknologi yang membantu pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan
(manipulasi/analisis), serta komunikasi dan penyebaran informasi.
Sistem Informasi
Ø
Sistem informasi
merupakan suatu sistem yang menerima data dan input lainnya dan memprosesnya
menjadi informasi sebagai output
Ø
Suatu sistem infomasi
mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan informasi untuk suatu
tujuan tertentu.
Ø
Sistem Informasi
adalah sekumpulan elemen yang saling berhubungan (terintegrasi), yang
mengumpulkan (atau mendapatkan), menyimpan, memproses, dan menyebarkan
informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan tujuan lain, baik orang
maupun organisasi.
Komponen sistem informasi:
Ø
Infrastruktur
(teknologi informasi)
Ø
SDM
Ø
Prosedur
Ø
Secara teori, sistem
informasi dapat berupa lembaran kertas
Ø
Dalam bahasan
perkuliahan ini difokuskan pada sistem informasi berbasis komputer (Computer-Based
Information Systems/CBIS)
Computer Based Information System (CBIS)
Computer Based Information System (CBIS)
Ø
Sistem informasi yang
menggunakan teknologi komputer untuk melaksanakan satu atau seluruh tugasnya.
Komponen CBIS:
Ø
Infrastruktur;
Teknologi komputer
Ø
Hardware
Ø
Software
Ø
Database system
Ø
Computer network
system
Ø
SDM
Ø
Prosedur
Tekanan Bisnis, Respon Organisasi, dan Dukungan
Teknologi Informasi
Ø
Lingkungan bisnis
merupakan kombinasi dari faktor sosial, legal, ekonomi, teknologi, dan politik
yang mempengaruhi aktivitas bisnis
Ø
Perubahan siginifikan
pada faktor-faktor tersebut dapat menciptakan tekanan bisnis kepada organisasi
Ø
Tiga macam tekanan
bisnis yang dihadapi adalah tekanan pasar (market), teknolog, dan sosial.
Respon Organisasi
Ø
Sistem Strategis;
memungkinkan organisasi meningkatkan pangsa pasar (market share) dan/atau
profit.
Ø
Fokus pada konsumen;
memungkinkan organisasi memberikan pelayanan konsumen yang sangat baik dan
mencegah berpindahnya konsumen ke kompetitor.
Ø
Sistem “membuat
berdasarkan pesanan” (Make-to-Order); merupakan strategi untuk memproduksi
produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan konsumen
Ø
Mass Customization;
berproduksi dalam jumlah besar, tetapi tetap memungkinkan customizing
(penyesuaian) dengan keinginan setiap konsumen
Ø
E-business dan E-commerce;
strategi untuk menjalankan bisnis secara elektronik
4.TELEKOMUNIKASI , INTERNET, DAN E – BUSSINESS
Telekomunikasi dan Sistem Jaringan
Jaringan komputer – dua atau lebih sistem komputer
yang saling terhubung dengan menggunakan kabel atau gelombang radio dalam suatu
area geografis tertentu
Jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel fisik
disebut wireless
Manfaat Jaringan Komputer:
Ø
Kemampuan
berkomunikasi dan berbagi
Ø
Menyimpan berbagai
informasi pada suatu lokasi dalam jaringan dan kemampuan mengaksesnya
Ø
Memungkinkan orang
berbagi informasi dan ide secara mudah
Ø
Mengkombinasikan
kemampuan berbagai peralatan sebagai media kolaborasi untuk menggabungkan
kemampuan orang-orang yang berbeda tanpa batasan lokasi
Ø
Kemampuan
berkomunikasi dan berbagi
Ø
Menyimpan berbagai
informasi pada suatu lokasi dalam jaringan dan kemampuan mengaksesnya
Ø
Memungkinkan orang
berbagi informasi dan ide secara mudah
Ø
Mengkombinasikan
kemampuan berbagai peralatan sebagai media kolaborasi untuk menggabungkan
kemampuan orang-orang yang berbeda tanpa batasan lokasi
Internet
Definisi:
Suatu jaringan yang terbentuk dari jutaan jaringan
pribadi yang lebih kecil yang masing-masing dapat bekerja independen maupun
secara bersama dalam jaringan.
Jaringan yang menghubungkan jutaan komputer dan
pribadi di seluruh dunia.
Intranet
Definisi:
Jaringan di dalam suatu organisasi yang menggunakan
teknologi Internet untuk menyediakan lingkungan dan kemampuan Internet di dalam
perusahaan untuk sharing informasi, komunikasi, kolaborasi, dan mendukung
proses bisnis
Extranet
Definisi:
Hubungan jaringan yang menggunakan teknologi Internet
untuk saling menghubungkan intranet suatu bisnis dengan intranet dari
pelanggan, suppliers, atau business partners lainnya
Apa itu E-business?
Penggunaan teknologi InternetUntuk bekerja dan
membantu proses bisnis, electronic commerce (e-commerce), dan kolaborasi
perusahaan
Di dalam suatu perusahaan dan dengan customer,
supplier, dan business stakeholder lainnya.
Pada prinsipnya merupakan pertukaran nilai/manfaat
secara online
Tujuh alasan utama membeli secara online:
1. Menghemat waktu dengan tidak
pergi ke pasar/toko
2. Dapat berbelanja saat toko tutup
(available 24/7)
3. Menghindari keramaian dan
kekacauan
4. Kemungkinan menemukan harga yang
lebih baik
5. Dapat menemukan produk secara
lebih mudah
6. Dapat menemukan produk yang tidak
tersedia di toko
7. Lebih mudah membandingkan harga
5. Sistem Informasi
Macam dan Aplikasinya
Macam dan Aplikasinya
Computer based information system (CBIS)Suatu
kombinasi yang terorganisir dari
o
Hardware; sekumpulan
perangkat keras
o
Software; sekumpulan
perangkat lunak
o
Data; sumber atau
kumpulan data
o
Network; sistem
jaringan
o
Policies and
procedures;sekumpulan kebijakan, posedur dan instruksi
o
People; orang-orang
yang bekerjaYang mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan informasi
di dalam organisasi
Lima fungsi dasar teknologi dan sistem informasi (apa
yang dilakukan)
1.
Capture (menangkap)
·
Mendapatkan informasi
pada titik asalnya/terjadinya
2.
Cradle (menyangga)
·
Menyimpan informasi
3.
Create (menciptakan)
·
Memproses untuk
mendapatkan sesuatu yang baru
4.
Convey (menyampaikan)
·
Menyajikan informasi
dalam bentuk yang bermanfaat
5.
Communicate (mengkomunikasikan)
·
Mengirimnya kepada
orang lain
Sistem pendukung operasi (Operations support systems)
o
Definisi
Sistem informasi yang memproses data yang dimunculkan
dan digunakan dalam operasi bisnis
o
Tujuannya adalah
memproses transaksi bisnis secara efisien, mengontrol proses industri,
mendukung komunikasi dan kolaborasi perusahaan, dan memperbaharui basis data
perusahaan
Macam-macam Operations Support Systems
§
Transaction
Processing Systems (TPS)
Merekam dan memproses data dari transaksi bisnis
Contoh: pencatatan penjualan, sistem inventori,
sistem akuntansi
§
Process
Control Systems
Memonitor dan mengontrol proses-proses fisik produksi
Contoh: dalam sistem penyulingan minyak
digunakan sensor untuk memonitor proses kimiawi yang terjadi
§
Enterprise
Collaboration Systems
Meningkatkan komunikasi tim maupun kelompok kerja
Contoh: e-mail, videoconferencing
Sistem Pendukung Manajemen (Management Support
Systems)
Definisi
Sistem informasi yang berfokus pada penyediaan
informasi dan mendukung pengambilan keputusan yang efektif oleh para manajer
Macam-macam Management Support Systems
§
Sistem Informasi
Manajemen (Management Information Systems/MIS)
Sistem informasi untuk fungsi manajerialMenyediakan
informasi dalam bentuk laporan dan tampilan yang telah ditentukan untuk
mendukung pengambilan keputusan bisnis (O’Brien, 2004)
Menyediakan informasi rutin untuk aktivitas
perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian (pengambilan keputusan) dalam
area fungsional. (Turban, 2004)Mendukung level manajemen
Contoh: laporan analisis penjualan harian,
laporan produksi
§
Decision
Support Systems (DSS)
Menyediakan sistem interaktif yang bersifat sementara
untuk mendukung pengambilan keputusan
Mengkombinasikan model analitis dan database
untuk menyelesaikan permasalahan
Membantu pengambil keputusan atau manajer
Contoh: Prediksi hasil untuk menentukan
pengalokasian anggaran iklan
§
Executive
Information Systems (EIS)
Menyediakan informasi penting bagi eksekutif dan
manajer
Contoh:
akses informasi mengenai tindakan kompetitor
6. MANAJEMEN DATA
Manajemen Data
Saat ini, perusahaan bisnis tidak dapat bertahan
maupun sukses tanpa data yang berkualitas mengenai operasi internal maupun
lingkungan eksternal mereka.
Organisasi modern menyadari bahwa mengelola data
dengan baik seperti halnya mereka mengelola aset berharga lainnya merupakan
kunci sukses yang penting dalam pasar saat ini.
Manajemen data
Definisi:
Aktivitas manajerial yang menggunakan teknologi sistem
informasi dalam menjalankan tugas pengelolaan data organisasi untuk memenuhi
kebutuhan informasi semua stakeholder bisnis mereka.
Permasalahan dengan pemrosesan data tradisional:
Pengulangan Data – pengulangan data membutuhkan
pemutakhiran (update) pada semua file data tersebut yang disimpan
Kesulitan Integrasi Data – data yang disimpan dalam
file yang terpisah yang membutuhkan program output khusus menyebabkan kesulitan
dalam sistem pelaporan ad hoc
Ketergantungan Data – suatu program umumnya
menginformasikan bagaimana data disimpan sehingga perubahan format penyimpanan
membutuhkan perubahan program juga
Pendekatan Database Management System (DBMS)
Definisi:
Mengkonsolidasikan pencatatan data ke dalam satu database
yang dapat diakses dengan berbagai program aplikasi yang berbeda.
Software interface antara users dan databases
Data disimpan satu kali, dan terpisah dari program
aplikasi
Database Application Programs
Fungsi:
§
Membuat dan memproses
forms
§
Membuat dan mengirimkan
queries
§
Membuat dan memproses
reports
§
Mengeksekusi logika
aplikasi
§
Mengontrol aplikasi
Macam-macam Database
Operational – menyimpan data yang detail yang
dibutuhkan untuk mendukung proses bisnis dan operasi perusahaan
Distributed – database yang di ulang dan
didistribusikan secara keseluruhan ataupun sebagian ke server jaringan pada
berbagai lokasi
External – berisi banyak sekali informasi yang
tersedia dari layanan online komersial maupun dari berbagai sumber dalam World
Wide Web
Data Warehouse
Definisi:
Database berukuran besar yang menyimpan data
yang telah disarikan/disaring (extracted) dari berbagai operational, external,
dan database lain dalam organisasi
Data Mart
Definisi:
Database yang menyimpan kumpulan data tertentu dari
sebuah data warehouse yang fokus pada aspek tertentu dalam perusahaan, misalnya
satu departemen atau satu proses bisnis
Data Mining
Definisi:
Aktivitas analisis terhadap data dalam suatu data
warehouse untuk mendapatkan pola dan kecenderungan yang tersembunyi dalam aktivitas
bisnis masa lalu
Penggunaan Data Mining
Melakukan “market-basket analysis” untuk
mengidentifikasi kumpulan produk baru.
Menemukan akar permasalahan kualitas atau permasalahan
manufaktur lain.
Mencegah kekecewaan konsumen dan memperoleh konsumen baru.
Mengenali profil konsumen secara lebih akurat.
Sumber : https://nicohernawan.wordpress.com/artikel-sim-sistem-informasi-manajemen/
Komentar
Posting Komentar